Tips Cara Berhenti Merokok



Ada beberapa cara yang dapat dipilih untuk berhenti merokok. Cara-cara tersebut diantaranya sebagai berikut :

1. Berhendi secara mendadak atau berhenti sepenuhnya pada saat yang telah Anda tentukan.

2. Berhenti secara berangsur-angsur dengan menggunakan strategi menunda atau mengurangi. Tunda merokok beberapa menit setiap kali Anda ingin merokok. Atau, tunda menghisap rokok yang pertama untuk jangka waktu yang makin panjang sehingga Anda dapat tahan tanpa merokok sepanjang hari. Kurangi setiap hari dengan hanya menghisap hanya setengah atau sedikit setiap batang rokok, atau merokok hanya pada waktu atau tempat tertentu.

3. Awali dengan niat yang kuat. Jika anda muslim, maka pada bulan puasa Anda akan berhenti merokok karena ada niat yang kuat untuk membatalkan puasa Anda.

4. Pahami bahaya merokok. Dengan mendapatkan informasi yang benar tentang rokok dan memahami bahwa rokok berbahaya bagi kesehatan, maka kemungkinan berhenti akan lebih mudah.

5. Buat daftar alasan mengapa ingin berhenti merokok. Rinci juga alasan anda merokok dari latar belakang ini dapat diketahui cara yang tepat untuk berhenti.

6. Tetapkan tanggal mulai berhenti merokok. Tanggal ini mungkin merupakan hari yang istimewa, misalnya hari ulang tahun. Dapat juga berhenti mulai pada akhir pekan atau semasa cuti.

7. Buang semua asbak, korek api dan rokok yang mengingatkan anda untuk kembali merokok. Waspada juga situasi yang mendorong anda untuk merokok.

8. Ubah kebiasaan anda. Jika anda memiliki kebiasaan merokok setelah makan, cobalah menggantinya dengan makanan buah atau berjalan-jalan.

9. Dapatkan dukungan dari teman dan keluarga. Beritahu semua orang bahwa anda akan berhenti merokok. Ingatlah bahwa keberhasilan tidak dicapai secara instan, jangan putus asa jika gagal.

10. Cari bantuan professional untuk berhenti merokok yakni dengan berkonsultasi ke dokter, psikiater atau psikolog yang bergerak di bidang upaya penghentian merokok. Jika diperlukan, dokter dapat meresepkan obat untuk berhenti merokok.


Reaksi Normal

Adapun reaksi normal yang akan terjadi setelah anda memutuskan untuk berhenti merokok adalah sebagai berikut :

1. Sulit memusatkan perhatian atau rasa mabuk karena otak anda perlu menyesuikan diri terhadap oksigen yang lebih.

2. batuk dan hidung beringus karena paru-paru anda berusaha untuk menghilangkan semua kotoran dan kuman yang terkumpul semasa anda merokok.

3. Keinginan yang kuat untuk merokok selama satu atau dua minggu selama tubuh anda mencoba untuk menghilangkan nikotin.

4. Rasa bergetar di tangan dan kaki jika darah mulai mengalir seperti biasa. Ingat, gejala ini akan hilang dalam satu atau dua minggu dan ini merupakan tanda bahwa keadaan anda mulai membaik.

Sumber : Bali Post 17 Januari 2009

0 komentar:

Posting Komentar

  • lowongan kerja di rumah